ATC, Penyebab Terbanyak Kecelakaan Pesawat

Kesalahan Air Traffic Control (ATC) menjadi penyebab dominan kecelakaan pesawat terbang di Indonesia. Berdasarkan data Garuda Indonesia dalam Regional Runway Safety Seminar, dari tahun 2009 hingga 2012 ATC menjadi penyebab insiden dan kecelakaan pesawat hingga 62 persen.


“Ini banyak terjadi di penerbangan domestik,” kata Vice President Safety, Security and Environment Garuda Capt Novianto Herupratomo dalam makalahnya, yang didapat Republika, Selasa (22/5). Selain ATC, desain landasan pacu dan pilot juga menjadi penyebab lainnya.

Landasan pacu misalnya berkomposisi hingga 28 persen. Sementara insiden dan kecelakaan yang disebabkan pilot hanya 10 persen.

Khusus untuk Indonesia Timur, desain landasan pacu justru jadi faktor paling mendominasi kecelakaan pesawat terjadi. Berdasarkan data yang sama Novianto membeberkan landasan pacu mendominasi hingga 32 persen.

Disusul ATC sebanyak 28 persen dan gangguan akibat kemunculan hewan, manusia serta kendaraan melintas sebanyak 21 persen. Sedangkan kesalahan pilot dan cuaca masing-masing sebesar 12 persen dan tujuh persen.

“Wilayah Timur Indonesia memang memiliki risiko lebih tinggi akibat landasan pacu yang harus mengikuti kontur di pegunungan,” katanya. Selain itu, sejumlah landasan juga tidak memiliki peralatan yang memadai.

source: republika.co.id

pb: mattula_ada@live.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: