Kartu-kartu ”Sakti” TKI

by: Mukti Ali

Menjadi seorang TKI memang enaknya resmi kalo enggak resmi namanya ilegal, di mana mana jadi ilegal itu enggak enak, enggak bebas beredar karena takut ketangkap aparat. Mau belanja ke toko cemas, mau jalan jalan ke mall khawatir, mau ngeceng di pantai enggak tenang,ah, ribet deh jadi TKI ilegal.

Mengapa seorang TKI menjadi ilegal? Pertama karena kabur dari majikan, alasan kabur macem macem, ada yang enggak di gaji ada yang kerayu temen, ada yang di bawa kabur sama cowok enggak bener, ada yang enggak tahan di gebukin sama majikan ada yang emang mau bebas aja.

Karena mereka kabur tentu saja mereka enggak punya passpor dong, bekel mereka cuma nekat plus sedikit receh uang dirham,real atau dinar.

Mereka juga enggak punya kartu kartu ‘’sakti” yang idealnya di miliki oleh seorang TKI. ngomongin tentang kartu ‘’sakti” saya akan membahasnya di tulisan ini.

Kartu pertama bernama KTP orang sini suka menyebutnya Iqomah, kartu ini penting di miliki oleh para TKI sebagai tanda pengenal selama ”nguli” di negeri orang. Iqomah juga berfungsi sebagai penguat kalo kita mau mengirim uang. Kadang petugas pengiriman uang kaget kalo melihat  jumlah uang yang kita kirim karena udah pake kata jutaan . Sedangkan mereka kan cuma biasa bermain di batas ratusan ribu doang. misalnya, Kalo kita kirim 3000 dirham itu udah bisa nyampe 7200.000 tentu saja dalam bentuk rupiah. Iqomah pun  membuat kita pede seandainya terjadi razia, yang penting jangan ada razia orang ganteng aja takutnya kita ketangkep kalo ada razia kayak gitu. GR banget ya? hihihi.

Kartu kedua bernama kartu kesehatan, namanya juga kartu kesehatan, pastilah berhubungan dengan rumah sakit, klinik dan semacam itulah, kita kan enggak mungkin selamanya fit, pasti ada lah masalah dengan kesehatan, baik itu masalah kesehatan  kecil maupun masalah kesehatan besar. Dengan memiliki kartu ini kita dapat berobat di rumah sakit manapun. Entar siapa dong yang bayar? ya,  perusahaan tempat kita bekerjalah yang bayar.

Kartu ketiga adalah  kartu ATM, fungsinya kita udah tahu bersama, buat ngambil uang gaji. Beda lagi kalo kita menerima gajinya secara cash. yang jelas dengan melalui ATM gaji kita aman dari tangan tangan yang tidak bertanggung jawab.

Kartu keempat bernama kartu nol, ini khusus buat TKI Dubai,  kartu ini adalah tiket jalan jalan, dengan memiliki kartu ini kita dapat naik bis kota maupun metro. Cukup di tempelkan saja maka kita dapat keliling Dubai dengan nyaman dan tenang.

kartu kelima ini penting enggak penting sih, tapi bagusnya kita punya kartu ini, namanya kartu pengiriman uang. Dengan kartu ini kalo kita mau ngirim uang tinggal tunjukin aja ke petugas pengiriman uang nantinya mereka akan bertanya kepada siapa kita mau mengirim uang? tentu saja nama yang mau kita kirim udah tercantum dalam kartu. Praktis banget jadi kita enggak perlu lagi tulis di kertas pengiriman berapa jumlah uang yang mau di kirim.

Kartu keenam namanya KTKLN( Kartu Tenaga kerja Luar Negeri) sampai sekarang saya belum punya kartu ini hihihi.

Kartu ketujuh adalah kartu  tanda masuk ke tempat tempat tertentu, rekan saya

13372016641891638183

Contoh kartu kartu yang idealnya di miliki seorang TKI. Dok Pribadi

mas Rahmad punya kartu semacam ini. Fungsinya adalah untuk meyakinkan polisi lokal. Enggak terlalu penting sebenarnya punya kartu ini tapi lumayanlah di pake buat ”gaya gayaan” doang.

Itulah beberapa kartu ‘’sakti” yang idealnya di miliki oleh seorang TKI. Dengan berbekal kartu kartu itu, Insya Alloh para TKI dapat bekerja dengan tenang. Tampa khawatir jika di cegat sama polisi karena sudah punya KTP( Iqomah) Kalo sakit  mereka tinggal tunjukin kartu kesehatan, seandainya mau jalan jalan tinggal nempelin kartu NOL, jika mau belanja barang tinggal gesek kartu ATM.

pb: mattula_ada@live.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: