Perbandingan Produk Investasi Seturut Perjalanan Waktu

by: Yustinus Eko Soelistio

Sekarang ini banyak sekali produk investasi yang ditawarkan.  Beberapa menawarkan bunga yang sangat menggiurkan tapi disertai dengan resiko yang besar.  Beberapa lagi menawarkan bunga yang kecil tapi didukung dengan tingkat return yang stabil dan jaminan.  Sekarang pertanyaan bagi kita tentu saja, “Produk mana yang cocok untuk saya?”.  Tidak semua produk yang memberikan bunga tinggi bisa cocok untuk semua orang, dan demikian juga sebaliknya produk yang memberikan bunga yang stabil belum tentu cocok untuk kita semua.  Jadi berikut ini adalah tabel perbandingan secara garis besar imbal hasil beberapa produk investasi umum seperti deposito, reksadana, emas, dan ORI.  Dengan informasi ini kita bisa lebih jelas melihat karakteristik masing-masing produk dan bisa menentukan pilihan dengan lebih bijak. Berikut adalah tabel range pertumbuhan per-tahun dilihat dari jangka waktu:

Produk/Waktu
Deposito (Rp)
Emas (USD)
Reksadana
ORI
1 – 3 tahun
5% s/d 6% 27% s/d 34% 4% s/d 100% 7% s/d 12%
3 – 5 tahun
5% s/d 10% 14% s/d 34% -50% s/d 100% 7% s/d 12%
5 – 10 tahun
4% s/d 10% 5% s/d 34% -50% s/d 100% 7% s/d 12%
10 – 20 tahun
4% s/d 40% -42% s/d 34%

Tabel diatas adalah kisaran pertumbuhan (atau kerugian) investasi. Perhitungannya hanyalah perhitungan kasar tapi cukup bisa menggambarkan bagaimana perbandingan antara return vs resiko masing-masing produk. Kalau kita lihat perbandingannya, maka produk yang memberikan hasil paling stabil adalah ORI dengan kisaran return antara 7% sampai 12 % per-tahun. Kemudian disusul dengan deposito dan emas. Deposito pernah memberikan hasil yang luar biasa yaitu sekitar 40% per-tahun pada waktu krisis sekitar tahun 1997 – 1999. Tapi pada saat ekonomi stabil, deposito memberikan bunga sekitar 4% sampai 10% per-tahun. Emas secara rata-rata memberikan hasil yang lumayan sekitar 14% sampai 34% per tahun. Tapi untuk jangka panjang antara 10 – 20 tahun, emas pernah mengalami penurunan sampai sekitar -42% per-tahun. Ini terjadi sekitar tahun 1980 – 2000. Pada tahun 1980an emas pernah menyentuh USD 800, dan turun sampai akhirnya sekitar tahun 2006 bisa kembali lagi di USD 800. Hasil investasi emas juga sangat dipengaruhi oleh nilai mata uang rupiah. Bila emas naik dan rupiah menguat, maka bisa jadi nilai emas di Indonesia tidak berubah atau bahkan mungkin berkurang. Sebaliknya bila emas turun dan rupiah melemah, bisa jadi malah nilai emas di Indonesia meningkat. Jadi pertumbuhan investasi emas lebih terpengaruh oleh kondisi ekonomi dunia dibanding dengan deposito dan ORI.

Untuk investasi di reksadana sendiri sangat bervariasi antara (rugi) 50% sampai (untung) 100% per-tahun. Tergantung dari jenis reksadana yang diambil, variasi bunga juga berbeda. Untuk reksadana pasar uang biasanya tidak jauh berbeda dengan deposito. Sedangkan untuk reksadana saham bisa sangat bervariasi. Reksadana saham bisa menghasilkan return yang sangat tinggi meninggalkan emas, deposito dan ORI. Reksadana jenis ini pernah mencatatkan return lebih dari 100% pada saat pemulihan dari krisis ekonomi tahun 2008. Tapi bila dilihat secara jangka panjang maka secara rata-rata reksadana saham memberikan hasil antara 20% sampai 30% per-tahunnya.

Nah, jadi produk mana yang cocok untuk masing-masing kita? Jawabannya sangat tergantung dari profil dan tujuan kita. Kalau kita mencari stabilitas dan keamanan mungkin lebih cocok bila mengambil ORI dan deposito. Kalau yang dituju adalah pertumbuhan yang tinggi mungkin sebaiknya mengambil emas dan reksadana saham/pendapatan tetap. Tapi apapun pilihan kita, sebaiknya kita selalu ingat bahwa tidak ada satupun yang kekal di dunia ini. Investasi apapun yang kita ambil, harus selalu kita monitor dan evaluasi apakah masih sesuai dengan kebutuhan kita atau tidak. Portofolio yang baik adalah portofolio yang bisa bertahan di saat sulit dan tumbuh di saat maju. Pesan untuk “Don’t put all your eggs in one basket” hampir selalu berlaku untuk semua portofolio. Karena itu investasilah dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan.

source: http://www.perencanakeuangan.com/

pb: mattula_ada@live.com
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: