Semesta Bertasbih di Langit Makassar

by: Indra Sastrawat

Sayup-sayup terdengar merdunya alunanan Zikir dari corong gedung lantai 11 Wisma Kalla, pertanda bagi kami untuk bersiap-siap melaksanakan shalat Jumat. Saya menatap disebelah barat tempat saya duduk nampak dengan kokoh berdiri Menara Bosowa, sebuah gedung pencakar langit tertinggi di Makassar. Gedung ini punya kharisma tersendiri di kota Makassar, dibangun oleh kelihaian saudagar Bugis simbol dari cerita sukses para passompe masa silam.

13361875571610748000

Menara Bosowa

Jeda sejenak saya memandang sedikit ke utara, kelihatan gemerlapnya gedung Graha Pena milik Saudagar Alwi Hamu. Graha Pena merupakan pusat bisnis koran Fajar, sebuah koran terbesar di Indonesia Timur.Di kedua gedung ini saya bisa merasakan lantunan zikir sama seperti di wisma Kalla, bagi orang Bugis nilai-nilai spritual tidak bisa dipisahkan dari nafas bisnis para saudagar ini.

Tidak lama aluanan Takbir memanggil kami untuk segera berkumpul di lantai 4 untuk segera menunaikan kewajiban Shalat Jumat. Sambil wudhu saya pandangi langit Makassar yang mulai bergeliat dengan gedung-gedung pencakar langitnya.

1336187787404128747

Menara Phinisi Milik UNM

Sebuah gedung dengan artistik lokal-modern sedang di genjot pembangunannya, diberi nama sesuai dengan semangat orang Bugis Makassar yaitu Menara Phinisi. Gedung yang tingginya 96 Meter menjadi cikal bakal pusat administrasi dan rektorat Universitas Negeri Makassar. Tidak jauh dari Menara Phinisi sedang dibangun Menara Universitas Muhammadiyah berlantai 15.

Tidak ingin kalah dari UNM dan Unismuh, pihak Universitas Muslim Indonesia (UMI) sedang merintis pembangunan gedung tinggi bernama Grand Syariah UMI, gedung ini lebih tinggi dari menara Phinisi. Dan jika tidak ada halangan Grand Syariah ini makin mengukuhkan jatidiri orang Bugis Makkasar nafas islami. Sejak lama Sulsel dan Makassar disebut sebagai serambi Madinah.

13361876291526498117

Masjid Terapung di Makassar

Dalam lima tahun terakhir semakin banyak gedung pencakar langit yang dibangun di kota anging mammiri. Sebagian besar di bangun untk kepentingan ekonomi dan bisnis disamping untuk sarana pendidikan. Proyek Monumental lain yang sedang di bangun adalah pembangunan Masjid Terapung pas didepan pantai Losari bernama Masjid 99 Al-Makassary yang merupakan masjid pertama yang dibangun di atas laut. Dan tidak lama lagi dari laut Makassar akan terdengar lantunan tasbih, tahmid dan takbir.

13361879001626078931

Wisma Kalla

Rasa lapar sehabis Shalat mengerakkan kami ke kantin, saya menatap gedung hijau tempat saya makan.Gedung hijau ini tiada lain adalah Wisma Kalla. Dari namanya semua sudah tahu bahwa pemilik gedung ini adalah saudagar Bugis Makassar yang paling sukses, dia adalah Jusuf Kalla. Belum genap sebulan saya berkantor di gedung hijau ini, tiap masuk waktu shalat lantunan zikir selalu mengawali waktu shalat. Kerja dan ibadah merupakan dua pilar sukses yang selalu bersama.

Dan bisa dipastikan di setiap waktu shalat terutama jelang shalat Jumat dari gedung-gedung pencakar langit dan menara masjid yang menjulang tinggi akan terdengar lafaz zikir kemudian menyusul lantunan takbir. Dan semesta bertasbih di langit Makassar.

wb: indrasastrawat@yahoo.co.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: