Menangkap Supermoon di Kapuas via Kamera Saku

by: Achmad Siddik

Usai shalat maghrib saya keluar dari Mess Manggala Agni sejenak. Udara begitu panas senja ini. Saya tengadahkan kepala ke atas. Tak sengaja saya melihat pecahan kaca yang menempel di atas tembok belakang mess berkilau indah. Ada apa gerangan. Saya mundurkan sedikit tempat berdiri dan…

Subhanallah…Maha Indah, DIA…

Supermoon via Kamera Saku pkl. 18.55 di Kapuas Kalteng (dok. pribadi-6/5/2012)

Begitu terangnya bulan malam ini. Saya pun teringat tentang tulisan beberapa kompasianer tentang Supermoon. Saya browsing di Blackberry tentang Supermoon. Setahu saya Supermoon sudah lewat  kemarin malam bertepatan Chelsea meraih Piala FA. Akhirnya benar, saya temukan artikel di Kompas.com yang berjudul :

Supermoon akan Datang Lagi .

Ya, Supermoon memang datang lagi, waktunya malam ini. Seperti penjelasan di Kompas.com berikut :

“Supermoon kali ini bisa disaksikan pada Minggu, sesaat setelah Matahari tenggelam hingga sesaat sebelum fajar menyingsing esok harinya. Tentu saja, kondisi langit cerah tanpa awan dan hujan adalah syarat mutlak menyaksikan fenomena ini.”

Lebh lanjut dalam berita di artikel Kompas.com, Mutoha Arkanuddin dari Jogja Astro Club (JAC) menyatakan bahwa saat Supermoon terjadi nanti, Bulan hanya akan berjarak 356.955 kilometer dari Bumi. Jarak Bulan kali ini 10 persen lebih dekat dari jarak Bulan biasanya. Karena jaraknya lebih dekat, Bulan akan tampak lebih besar. Pada Supermoon tahun ini, Bulan akan tampak 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang.

Saya menengok kebun jagung dan jeruk di depan mess sangat terang seperti waktu sore. Kolam yang ada disamping mess juga terlihat lebih terang dan memendarkan cahaya bulan. Saya abadikan momen ini dengan kamera saku saya yang tidak canggih. Meski harus garuk-garuk kaki dan tangan karena banyak nyamuk akhirnya dua foto terbaik saya pilih untuk ditempel di tulisan ini.

1336309561728123845

Malam lebih cerah dan terang saat Supermoon malam ini (18.55) di Kapuas Kalteng

Semoga yang melihat foto saya tidak kecewa berhubung ketrampilan dan kamera saya sangat minim dalam menangkap obyek malam hari. Saya memakai kamera saku S122 Sanyo dengan Scene Night Portrait dan besar resolusi 12 MP.

Selamat menikmati keindahan Supermoon di langit Negeri Kahatulistiwa.

Cat: Foto-foto supermoon yang lebih jelas dan terang dapat dilihat di artikel saudara Joko Wenampati berjudul “Foto Penampakan Supermoon“.

pb: mattula_ada@live.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: