Presiden Indonesia Makin Tua, Presiden AS Makin Muda

by: Indra Sastrawat

Pilpres 2014 masih dua tahun lagi, tapi pertarungan menuju kursi RI-1 semakin panas. Salah satu hal yang banyak di soroti adalah adalah usia Capres 2014 nanti. Dari beberapa bursa capres yang beredar semuanya adalah tokoh tua. Tokoh muda banyak yang tidak muncul di permukaan sehingga regenerasi kepimpinan tidak berjalan.

Baru-baru ini ketua MPR, Taufik Kiemas menyinggung usia beberapa Capres 2014 yang terbilang tua. “Regenerasi harus terjadi mulai sekarang. Masak Presiden AS makin lama makin muda. PM Inggris makin lama makin muda. Sedang Presiden Indonesia makin lama makin tua dan berumur,” kata Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDIP. Pernyataan TK sebenarnya di tujukan untuk capres Golkar Aburizal Bakrie dan Megawati Soekarno Putri yang juga istrinya.

Apa benar sinyalemen bung TK ini, saya ingin memberika data perbandingan usia presiden Indonesia dan Presiden Amerika Serikat saat mereka menjabat, biar fairdata presiden AS saya ambil sejak tahun 1945 sama dengan presiden pertama Indonesia.

Presiden Indonesia

Soekarno Usia 44 tahun

Soehart  Usia 46 tahun

BJ. Habibie  Usia 62 tahun

Abdurrahman Wahid Usia 59 tahun

Megawati Soekarno Putri Usia 54 tahun

Susilo Bambang Yudhoyono Usia 55 tahun

Jadi rata-rata usia presiden Indonesia adalah 53,3 tahun

Presiden Amerika Serikat

Harry S. Truman Usia 61 tahun

Dwight D. Eisenhower Usia 63 tahun

John. F. Kennedy Usia 43 tahun

Lyndon B. Johnson Usia 55 tahun

Richard Nixon Usia 56 tahun

Gerald Ford Usia 61 tahun

Jimmy Carter Usia 53 tahun

Ronald Reagen Usia 70 tahun

George Bush Usia 65 tahun

Bill Clinton Usia 47 tahun

George W. Bush Usia 55 tahun

Barack Obama Usia 48 tahun

Jadi usia rata-rata presiden Amerika Serikat sejak tahun 1945 adalah: 56,41 tahun

1334574722499868111

Obama menjadi presiden AS di uisa 47 tahun

Sejak dekade 90an trend presiden AS memang relatif lebih muda, sedangkan Indonesia trendnya statis di usia kepala 5. Sekedar pembanding beberapa pemimpin dunia yang masih energik memimpin di usia tuanya seperti Silvio Berlusconi dari Italia dan Lee Kuan Yew dari Singapura dll

Usia Capres 2014

Lantas siapa saja capres RI yang diperkirakan akan meramaikan bursa capres 2014, nama-nama yang beredar seperti Aburizal Bakrie 67 saat Pilpres 2014, Megawati (67), Hatta Rajasa (61), Prabowo Subianto (63), Wiranto (67), Surya Paloh (63), Mahfud MD (57), Amien Rais (70), Jusuf Kalla (72). Dari usia diatas Jusuf Kalla yang paling tua.

Menanggapi pernyataan TK, Jusuf Kalla mengembalikkan ke mandat Undang-undang“Coba dibaca, Undang-undang Dasar tak menetapkan batas awal atau batas atas. Undang-Undangnya pun justru hanya menetapkan batas awal atau batas bawah yaitu umur 35 tahun. Tak ada batas atas. Kalau melarang yang sudah tua untuk mencalonkan diri, itu melanggar konstitusi itu,” tandas JK seperti dikutip Tempo, Selasa (10/4/2012).

Memang bukan saatnya bicara dikotomi Tua dan Muda tapi yang utama adalah pemimpin nanti lebih baik dan lebih berani. Yang sering dipersoalkan adalah kesehatan calon yang umurnya sudah uzur ini. Pilpres telah mempersyaratkan capres mesti sehat jasmani dan rohani, sebenarnya perdebatan Tua dan Muda lebih pada regenarsi kepimpinan saja.

Tokoh tua seperti JK atau Prabowo kelihatan lebih energik dari tokoh-tokoh muda. Lalu kemana tokoh muda kita, beberapa diantara mereka belum bisa menjual citra mereka sebagai pemimpin hebat, ada pula yang terbelenggu kasus korupsi dan yang lain sementara wait and see.

wb: indrasastrawat@yahoo.co.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: