Benarkah PNS Muda(h) Kaya?

by: Suhendar M. Said

Ada Sesuatu yang menarik, risih, dan sedikit agak tidak percaya setelah saya menyimak dan mendengar pengakuan dari salah seorang staf PPATK di salah satu stasiun TV swasta di Negeri ini. dengan pengakuan tersebut yang menyatakan bahwa ada kurang lebih 10 orang PNS dari kementerian dan lembaga negara mempunyai alur transaksi keuangan agak tidak “sehat” dan cukup mencurigakan untuk seorang PNS Muda dengan pangkat/gol III/a dan III/b mampu mempunyai kekayaan dengan kisaran Miliaran Rupiah.

Ada beberapa pertanyaan yang menggelayut di benak saya mengamati fenomena profesi PNS ini?? diantaranya:

1.Benarkah itu murni “hasil keringat” (baca: gaji)  dari seorang PNS yang telah menjalankan Tupoksinya sampai harus mendapat imbalan yang cukup “Wah”?

2. Benarkah Pameo yang mengatakan bahwa’ untuk menjadi PNS yang kaya jalannya memang harus Korupsi? Kalau Tidak, anda harus siap – siap menerima kenyataan hidup sebagai seorang PNS yang cukup sederhana kalau toh tak mau dikatakan miskin?

3. Ataukah sudah saatnya seorang PNS Kini juga selayaknya mendapat “Reward” yang cukup pantas untuk menjadikan dirinya seorang  yang cukup mapan dari sisi ekonomi dan finansial?

4. Ataukah PNS yang Muda(h) Kaya itu hanya berasal dari kalangan instansi/lembaga tertentu? Untuk Poin ini penulis berharap jangan ada generalisasi PNS dengan Stigma bahwa kehidupan mayoritas PNS sangat bermewah-mewahan, mungkin yang belum tersorot dan banyak dipublish juga oleh media adalah Kehidupan PNS yang masih dibawah garis kemiskinan. Pernahkah Kita bertanya dan melihat bagaimana kehidupan seorang tenaga pengajar dan tenaga medis di Daerah terpencil di wilayah kepulauan?

Saya berpendapat Apa yang menjadi Temuan pihak PPATK beberapa hari ini hendaknya disikapi, diinvestigasi, secara objektif jangan sampai memunculkan Stigma dimasyarakat bahwa kehidupan seorang PNS memang selalu berkawan yang namanya Korupsi, Bahwa Pola kerja seorang PNS itu rentan terhadap korupsi itu memang benar tapi Penulis yakin masih banyak kok PNS yang kehidupannya tak seperti itu, bahkan mungkin sangat jauh dari kehidupan yang layak.

Evaluasi Tunjangan Remunerasi

Sejak beberapa tahun terakhir Pemerintah telah mengucurkan Tunjangan Remunerasi berupa imbalan atau ” Reward” di beberapa Kementerian/ Lembaga sebagai Apresiasi dan Penghargaan atas Kinerja di beberapa Kementerian/Lembaga Saat ini, sebentar lagi ada beberapa kementerian/Lembaga yang menyusul mendapatkan Tunjangan Remunerasi ini. Penulis berpendapat pemberian Tunjangan Remunerasi ini sangat masih Absurd Parameternya!! Publik tak pernah mengetahui parameter layak tidaknya seorang PNS mendapatkan Tunjangan Remunerasi? ditambah lagi ukuran kinerja seorang PNS tak pernah jelas sehingga memunculkan ungkapan bahwa “Pinter goblok gaji sama”sosok PNS seperti inikah yang layak diberikan Tunjangan Remunerasi?

1. Penulis berharap dengan adanya temuan PPATK saat ini hendaknya Seorang PNS bisa bekerja On The Track dan menyadari dirinya sebagai seorang abdi masyarakat dan abdi negara.

2. Para PNS kita hendaknya “Ikhlas” menjalankan Tupoksinya sebagai hal yang wajib ditunaikan oleh para PNS, Tanpa harus menunggu imbalan/balas jasa dari apa yang ia telah kerjakan.

3. PNS dibayar dan digaji oleh negara, hendaknya dia juga bekerja atas nama negara bukan pribadi.

Semoga para Aparatur Negara kita bisa menyadari hal ini semua.

wb: suhendar_emes@yahoo.com

Iklan

2 Komentar to “Benarkah PNS Muda(h) Kaya?”

  1. Ada slogan mengatakan kalau mau kaya jangan jadi PNS, kalau ada PNS kaya maka patut dicurigai. Artikel menarik, smg membuat para PNS bekerja penuh kejujuran dan pengabdian. Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: