The Power of Jangan Menyerah!

by: Indra Sastrawat

Setiap manusia tidak bisa luput dari persoalan hidup, sejak dia balita hingga akhr hayatnya manusia akan selalu berjuang untuk hidup dan dalam kondisi berjuang itu manusia ditakdirkan untuk mencintai kehidupannya. Seorang kawan bercerita bahwa tahun 2011 yang lalu merupakan tahun-tahun tersulit dalam hidupnya. Pernikahannya diambang kehancuran, kinerjanya sebagai seorang pemasaran juga menurun tajam, namun nilai positif dari semua masalahnya adalah dia bertambah sabar. Lalu apa yang membuatnya bisa bertahan dalam badai yang besar ini, jawabnya adalah karena dia merasa cobaan hidupnya akan mengarahkan dia ketangga kesuksesan.

Ilustrasi

Pengalaman dari kisah-kisah orang sukses selalu memulainya dari serangkaian kegagalan, ketika itu terjadi pertarungan antara kegagalan melawan kerja keras. Kegagalan selalu datang dalam setiap perjuangan si pejuang kehidupan, namun si pejuang ini tidak mau menyerah,  sampai akhirnya kegagalan itu akhirnya bosan dan menyerah. Tinggallah kerja keras sebagai pemenang yang kemudian membuahkan hasil sukses.

Bahkan seorang suci seperti Nabi Ibrahin harus merasakan kekejaman seorang Namrudz,  Ibrahim di buang kedalam bara api yang sangat besar untuk kemudian memperoleh gerar mulia sebagai nabi ulul azmi atau nabi yang utama. Nabi Nuh mesti mendapat cemooh rakyatnya yang menganggap dia gila karena membuat kapal diatas gunung, tapi Nuh pantang menyerah dia tetap membuat kapal hingga banjir besar menghancurkan negeri Nuh, Nuh selamat dan mendapatkan predikat nabi ulul azmi. Begitu pula kisah nabi Musa yang harus menjadi pengembala di negeri Madyan selama berpuluh-puluh tahun sebelum sang pencipta mengangap Musa pantas mendapatkan sepuluh perintah Tuhan di bukit Tursina yang mulia. Sebagian kisah diatas memperlihatkan bagaimana seorang yang berdedikasi tinggi selalu mendapatkan penghargaan dan tempat terpuji dari sang pencipta.

Seringkali masalah besar yang dihadapi membuat kita menjadi putus asa, bahkan tidak jarang masalah itu membuat seseorang berpikir pendek mencari teman baru bernama minuman keras, narkotika hingga paling brutal bunuh diri. Padahal TuhanMu tidak akan memberi ujian diluar batas kemampuan, padahal ujian tidak lebih seperti seorang pelajar SD yang ingin naik tingkat ke SMP yang harus melalui ujian nasional. Ada baiknya kita mengambil hikmah dari film peraih Oscar Forrest Gump. Forrest Gump merupakan seorang pria yang memiliki kecerdasan yang kurang (dibawah rata-rata) hingga suatu hari Forrest Gump mampu berlari sangat kencang. Ketika dewasa Forrest Gump sukses menjadi pahlawan di perang Vietnam, menjadi pemain pingpong internasional hingga terakhir menjadi pengusaha udang yang sukses.

Belum cukup dengan kisah Forrest Gump, mari kita lihat kisah nyata yang diangkat menjadi film dengan judul The Pursuit of Happyness. Film biografi ini menceritakan perjuangan seorang Chris Gardner yang hidup dalam kemiskinan hingga menjadi pialang saham yang kaya raya. Chris Gardner harus melalui hidupnya dengan serba kesulitan, mulai dari jualannya berupa scanner tulang yang kurang laku, tidak memiliki duit untuk membayar kontrakan rumah, mobil yang ditilang dan tidak mampu dibayar, tidur di toilet stasiun kereta api, menjadi tunawisma, bekerja di perusahaan magang tanpa gaji dan ditinggal istri yang tidak tahan lagi hidup miskin. Dan diakhir kisah Chris Gardner berhasil menjadi karyawan pialang saham dan kemudian mendirikan perusahaan pialang saham Gardner Rich. Pada tahun 2006 Chris menjual sebagian kecil sahamnyaa bernilai jutaan dollar.

Lirik lagu dari D’Masiv dibawah ini yang berjudul Jangan menyerah pas untuk pribadi-pribadi yang tidak mudah menyerah, semoga mampu memberi inspirasi untuk kita semua. Jangan menyerah karena TuhanMu menciptakanMu bukan untuk menjadi pengecut tapi sadarlah kita diciptakan untuk menjadi pemenang.

D’Masiv-Jangan Menyerah

Tak ada manusia
Yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali
Segala yang telah terjadi

Kita pasti pernah
Dapatkan cobaan yang berat
Seakan hidup ini
Tak ada artinya lagi

Reff 1:
Syukuri apa yang ada
Hidup adalah anugerah
Tetap jalkani hidup ini
Melakukan yang terbaik

Tak ada manusia
Yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali
Segala yang telah terjadi

Back to Reff 1

Reff 2:
Tuhan pasti kan menunjukkan
Kebesaran dan kuasanya
Bagi hambanya yang sabar
Dan tak kenal Putus asa

wb: indrasastrawat@yahoo.co.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: