Katy Perry Saja Tahu Nikmatnya!

by: Indra Sastrawat

Katy Perry baru saja sukses membuat histeria ribuan Katy Cats sebutan penggemar Katy Perry. Saya tidak ingin membahas konser megah yang katanya sukses. Dibalik kemeriahaan konser tersebut terselip satu kalimat dari Katy Perry yang pantas di cermati “Saya senang disini. saya menikmati Jakarta. Saya bisa sering berjemur. Saya heran kenapa disini banyak mataharinya” ujar Katy Perry. Disaat banyak wanita negeri ini seperti memusuhi sinar mentari justru ada artis dunia bangga dengan negeri yang berlimpah sinar mentari.

Tahu kah kita bahwa ribuan hingga ratusan ribu wisatawan Eropa dan Amerika yang datang ke Indonesia selain menikmati pemandangan indah negeri kita, juga ingin menikmati indahnya sinar mentari yang di negeri mereka merupakan sesuatu yang langkah. Dan anehnya, entah sudah termakan doktrin iklan kosmetik, justru banyak wanita negeri ini selalu menghindar dari indahnya sinar mentari. Alasannya sederhana mereka takut kulitnya menjadi hitam dan mengurangi kecantikan. Bahkan Anggun C. Sasmi penyanyi Indonesia yang go Internasional itu justru bangga dengan kulitnya yang eksotik, kecoklatan. Begitu pula Agnes yang ingin memiliki kulit yang coklat.

Menjadi putih seperti putri salju menjadi mimpi banyak wanita, padahal menurut ilmu kesehatan tiap wanita di dunia ini di ciptakan dengan struktur gen yang sesuai dengan kondisi geografis mereka. Seolah ingin meniru wajah putih gadis-gadis China, Korea dan Jepang, wanita negeri kita menjadi latah ingin ikut-ikutan meniru kulit wanita Asia Timur. Maka standar kecantikan pun bergesar dan menyiksa sebagian wanita yang berkulit coklat. Pengertian cantik dipersempit hanya untuk yang berkulit putih dan sebisa mungkin menghindari terik mentari yang justru menyehatkan.

1327199133555317536

Kesalahan memilih kosmetik bisa menyebabkan masalah bagi wajah

Dan yang berkulit coklat berusaha membeli setiap produk kosmetik yang menawarkan kulit menjadi putih, alih-alih kulit menjadi putih banyak muka wanita itu berubah aneh wajah berminyak hingga di tumbuhi jerawat. Tidak jarang pula wanita berubah menjadi setengah monster, kulit wajahnya putih bersih, namun lengan hingga badannya coklat.

Panas mentari memberikan suhu yang pas bagi organisme di bumi ini. Sinar matahari menghasilkan vitamin D. Sejumlah besar simpanan kolesterol terdapat di bawah kulit. Pada waktu berkas sinar ultraviolet disaring di kulit, ia mengubah simpanan kolesterol ini menjadi vitamin D. Menghadapkan sebagian dari tubuh ke sinar matahari selama 5 menit memberikan 400 unit vitamin D.

Manfaat lain sinar Matahari, diantaranya:

1. Sinar Matahari mengurangi kolesterol darah. Dengan mengubah kolesterol di bahwa kulit menjadi vitamin D, menyebabkan tubuh memberikan peringatan kepada kolesterol yang ada dalam darah untuk keluar dari darah menuju ke kulit, sehingga mengurangi kolesterol dalam darah.
2. Sinar Matahari mengurangi gula darah. Cahaya matahari bagaikan insulin oleh memberikan kemudahan penyerapan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Ini merangsang tubuh untuk mengubah gula darah (glukosa) menjadi gula yang tersimpan (glykogen), yang tersimpan di hati don otot, sehingga menurunkan gula darah.
3. Sinar Matahari ialah penawar infeksi dan pembunuh bakteri. Matahari sanggup membunuh bakteri penyakit, virus dan jamur. Itu berguna untuk perawatan tuberkulosis (tbc), erisipelas, keracunan darah, peritonitis, pnemonia, mumps, asma saluran pernafasan. Bahkan beberapa dari virus penyebab kanker dibinasakan oleh sinar ultraviolet.
4. Sinar Matahari meningkatkan kebugaran pernafasan. Sinar matahad bisa meningkatkan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan. Ini berarti banyak oksigen tersedia untuk dibawa ke otot-otot sewaktu gerak badan. Faktor lain yang bisa membantu meningkatkan kebugaran pernafasan ialah bahwa glikogen bertambah di hati dan otot setelah berjemur matahari.
5. Sinar Matahari menolong dalam membentuk dan memperbaiki tulang-tulang. Dengan bertambahnya tingkat vitamin D dalam tubuh karena terkena sinar matahari, bisa meningkatkan penyerapan kalsium. Ini menolong pembentukan dan perbaikan tulang dan mencegah penyakit seperti rakitis dan osteomalacia (pelembutan tulang tidak normal).
6. Sinar Matahari meningkatkan beberapa jenis kekebalan. Sinar matahari menambah sel darah putih terutama limfosit, yang digunakan untuk menyerang penyakit. Antibodi (gamma globulins) bertambah. Pengaruh ini bertahan sampai 3 minggu. Nitrofil membunuh kuman-kuman lebih cepat setelah pernafasan dengan sinar matahari. Sepuluh menit di.bawah sinar ultraviolet satu atau dua kali setiap minggu mengurangi flu 30-40 persen.

Namun terkena sinar matahari berlebihan dapat menyebabkan kanker. Lalu masih perlukan anda mengorbankan faktor kesehatan atas nama kecantikan ??? sebaiknya anda perlu mengubah mindset bahwa cantik tidak harus putih, dan jangan percaya dengan semua iklan kosmetik yang memberikan garansi kulit putih. Katy Perry saja tahu manfaat sinar matahari, jadi masih kah kita tidak mensyukuri nikmat Tuhan yang besar ini.

wb: indrasastrawat@yahoo.co.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: