Skenario KPSI Ikut Viva World Cup 2012

by: Indra Sastrawat

Kisruh antara PSSI dengan KPSI belum menunjukan titik terangnya. KPSI tetap ngotot ingin terus menggulirkan liga di luar liga resmi yang diakui PSSI, AFC dan FIFA. Masalah dualisme liga ini membuat kekuatan tim nasional kita menjadi berkurang.

Yang kemudian jadi masalah adalah pemain yang bermain di liga tandingan tidak dapat membela tim nasional negara masing-masing, ini sesuai dengan statuta FIFA. Jalan keluarnya sebagai liga yang tidak resmi yang dibesarkan oleh badan sepakbola tandingan bernama KPSI (komite penyelamat sepakbola Indonesia), maka satu-satunya cara KPSI bisa go international adalah dengan mengikuti kejuaraan dunia dibawah bendera NF Board. Nama turnamen dunia dibawah bendera NF Board adalah VIVA World Cup. Turnamen ini diselenggarakan dua tahun sekali.

Kurdistan Iraq tuan rumah Viva World Cup 2012

Lebih jauh tentang NF Board dan Viva World cup

NF Board atau Nouvelle Federation-Board merupakan organisasi untuk negara-negara yang tidak bergabung dengan FIFA. Organisasi ini dibentuk pada tanggal 12 Desember 2003. Organisasi ini bukan bagian dari dewan pengurus FIFA. Sebenarnya asosiasi ini dibentuk untuk mengakomodasi beberapa negara separatis dunia yang negara mereka tidak diakui oleh dunia. Dan bisa saja KPSI mengusulkan diri agar bisa diterima masuk dalam organisasi ini, apalagi sudah tertutup jalan diterima masuk FIFA.

Tiap dua tahun sekali NF Board menyelenggarakan Piala Dunia VIVA. Piala dunia VIVA 2012 akan diselenggarakan di Kurdistan, Iraq.

Anggota NF Board diantaranya adalah: Monako, Siprus Utara, Chechnya, Sahara Barat, Zanzibar, Kurdistan, Padania, Gozo, Tibet, Kamerun Selatan, Maluku Selatan dan Papua Barat dll. Saya baru tahu ternyata Maluku Selatan dan Papua Barat adalah anggota NF Board.

1328066245539007828

Suporter tim nasional Padania

Dan seperti ingin menandingi FIFA, maka NF Board juga memiliki piala dunia tersendiri namanya adalah VIVA World Cup. Viva World Cup sudah diselenggarakan sebanyak 4 kali, pada edisi terakhir Viva World Cup 2010 Padania keluar sebagai Juara. Padania merupakan tim sepakbola yang berasal dari Italia utara. Padania tercatat paling sukses di turnamen ini dengan gelar tiga kali juara.

Mimpi KPSI go International

Dari pada terus menerus membuat teror di sepakbola nasional, mungkin lebih baik KPSI ikut dalam liga/turnamen dunia diluar FIFA salah satunya ikut VIVA World Cup. Selain VIVA World cup, masih ada turnamen lain diluar FIFA seperti FIFI Wild cup, The UNPO Cup atau The ELF Cup.

Jadi pemain yang bermain di liga tandingan (tarkam) bernama Liga Indonesia bisa juga go international atau bisa tersalurkan bermain di tingkat dunia dengan mengikuti salah satu turnamen tidak resmi di atas.

Jadi, bagaimana KPSI anda berminat ikut turnamen VIVA World Cup 2012 ???

wb: indrasastrawat@yahoo.co.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: