Indonesian Premier League Lebih Merah

by: Indra Sastrawat

Ada yang menarik jika mengamati jersey klub yang bermain di Indonesian Primier League (IPL). Setengah atau 6 klub dari 12 klub memilih jersey warna merah sebagai warna kebesaran mereka. Seperti diketahui warna merah merupakan salah satu warna bendera negara kita. Warna merah selalu di identikan dengan kekuatan dan ketegaran.

Enam klub yang memakai warna merah sebagai warna kebesaran klub mereka adalah PSM Makassar, Semen Padang, Bontang FC, Persema Malang, Persijap Jepara dan Persiba Bantul. Mungkin ini juga salah satu rahasia klub-klub ini lebih bergabung dalam kompetisi resmi PSSI. Jumlah ini lebih banyak dari jumlah klub ISL yang memakai warna merah sebagai kostum kandangnya.

Sedikit flashback ke sejarah sepakbola kita, di zamannya perserikatan dahulu klub-klub besar selain membawa fanatisme daerah masing-masing juga sangat identik dengan warna jerseynya. Persib Bandung dan PSIS Semarang dengan warna birunya, Persebaya dan PSMS dengan hijau, Persija dengan oranyenya dan PSM Makassar dengan warna merahnya. Bisa dibayangkan jika salah satu klub ini menjadi tuan rumah maka stadion akan di dominasi oleh salah satu warna jersey tim kebanggaan masing-masing.

13297548468482965

Logo IPL

Di liga top dunia ada beberapa klub yang identik dengan full warna merah seperti di Inggris ada Liverpool dan MU, di Portugal ada Benfica, di Spanyol dengan Malaga, di Italia ada AS Roma dan Piacenza. Diantara semua klub Eropa, Liverpool adalah klub merah yang paling sukses di Eropa.

Untuk level tim nasional warna merah juga di pakai di beberapa negara seperti Turki, China, Denmark, Belgia, Spanyol, Venezuela dan Indonesia.

Menariknya walau banyak klub Indonesia yang memakai jersey semua merah, tapi baru PSM Makassar satu-satunya klub merah yang pernah juara liga Indonesia yaitu di musim 1999/2000. Melihat trend positif di klasifika sementara IPL ada kemungkinan klub-klub merah macam Semen Padang dan Persiba Bantul bisa menjadi juara, atau menunggu kebangkitan PSM Makassar si juku eja (Ikan Merah) untuk menggenapkan gelarnya menjadi dua.

Gambar: Tim PSM Makassar saat latihan

wb: indrasastrawat@yahoo.co.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: