Insya Allah…

by: Mattula’ada

Dalam Al-Qur’an Surah Al-Kahfi ayat 23-24 dikatakan:

“Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: “Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi, kecuali (dengan menyebut): “Insya Allah”. Dan ingatlah kepada Tuhanmu jika kamu lupa dan katakanlah: “Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya dari pada ini.”

Menurut riwayat, ada beberapa orang Quraisy bertanya kepada Nabi Muhammad s.a.w. tentang roh, kisah ashhabul kahfi (penghuni gua) dan kisah Dzulqarnain lalu beliau menjawab, datanglah besok pagi kepadaku agar aku ceritakan. Dan beliau tidak mengucapkan Insya Allah (artinya jika Allah menghendaki). Tapi kiranya sampai besok harinya wahyu terlambat datang untuk menceritakan hal-hal tersebut dan Nabi tidak dapat menjawabnya. Maka turunlah ayat QS. 18:23-24 di atas, sebagai pelajaran kepada Nabi; Allah mengingatkan pula bilamana Nabi lupa menyebut Insya Allah haruslah segera menyebutkannya kemudian.

Ayat diatas juga memberi pelajaran kepada kita, bahwa kepastian itu datangnya hanya dari Allah semata. Maka jika kita misalnya berjanji pada seseorang, maka janganlah lupa untuk mengucapkan “Insya Allah”, karena bisa saja janji tersebut tidak kita tepati karena suatu hal, misal karena disebabkan kita tiba-tiba jatuh sakit atau bisa jadi malaikat maut sudah keburu mencabut nyawa kita.

Maka dari itu sekali lagi, janganlah lupa untuk mengucapkan “INSYA ALLAH”, yang artinya “Jika Allah menghendaki”.

wb: mattula_ada@live.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: