Pegiat Jurnalisme Warga Kompasiana Makassar Bentuk Organisasi Pewarta Warga

by: Muslimin Beta

Sejumlah pegiat pewarta warga (citizen jurnalist) yang juga Kompasianer yang tinggal di Makassar pada tanggal 21 Januari 2012 lalu mengadakan pertemuan di sebuah perumahan di bilangan Sudiang Makassar, tepatnya di Komplek Graha Sentosa Sudiang. Maksud pertemuan itu adalah mempertemukan gagasan pendirian organisasi para pewarta warga yang bersemangat demokratis dan berbentuk nasional.

Para kompasianer tersebut adalah saya sendiri Muslimin Beta alias Primus (Pria Muslim), Mattula Ada, Suhendar dan Indra Sastrawat beserta istrinya Kamriah. Pertemuan tersebut difasilitasi dirumah  kompasianer Fatmah Afrianty Gobel. Pertemuan para kompasianer berlangsung cukup akrab ditengah guyuran hujan diatas angkasa bumi Sudiang, Makassar sambil mencicipi pisang goreng, kripik tempe, kue bolu kukus dan sekaleng besar biskuit ditemani dua teko kopi susu dan teh hangat.

Pembahasan pertama adalah terkait nama organisasi. Ada berbagai usulan yang muncul, seperti penggunaan nama “Perhimpunan”, “Persatuan” atau “Aliansi”. Akhirnya usulan dari Indra Sastrawat yang diterima menggunakan kata “Aliansi”. Selanjutnya, pembahasan penggunaan kata “Pewarta Warga” atau “Jurnalisme Warga”.  Singkat kata, pertemuan hari itu sepakat menggunakan nama APWI, singkatan dari Aliansi Pewarta Warga Indonesia.

Pada pertemuan seminggu berikutnya (Sabtu,28/1/2012)  di sebuah kantor di Komplek Bumi Tamalanrea Permai yang difasilitasi ibu Kamriah,  kembali muncul usulan baru menyangkut nama organisasi dan asas organisasi. Ada usulan baru menyangkut nama organisasi yakni Aliansi Penulis & Pewarta Muslim Indonesia disingkat APPMI dengan asas Al Quran dan Hadist. Namun nama tersebut tidak disepakati. Disamping  berbau pengelompakan berdasarkan agama, juga makna kata “Pewarta Muslim”  bias karena bisa saja dianggap sebagai pewarta profesional padahal organisasi yang akan dibentuk adalah organisasi warga.

Setelah dua kali pertemuan itu, maka  Primus yang  akomodatif dengan semua masukan dan menerima segala argumentasi yang muncul mengambil jalan tengah dengan mengusulkan nama APPWI sebagai singkatan dari Aliansi Penulis-Pewarta Warga Indonesia. Dengan demikian, APPWI yang terbentuk di Makassar pada awal tahun 2012 diharapkan semangatnya menyebar di seluruh Indonesia.

wb: musliminbputra@yahoo.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: