Menggagas Organisasi Pewarta Warga Bernama APPWI

by: Muslimin Beta

Hasil pertemuan pegiat pewarta warta Sulsel pada Sabtu (28/1/2012) lalu di sebuah perkantoran Komplek Bumi Tamalanrea Permai (BTP) Makassar, PPWI Reformasi yang dimaksud berbentuk Aliansi atau Perhimpunan. Ada usulan bernama APWI, APWINDO, Perhimpunan PWI/PPWI. Sedang saya sendiri cenderung merangkum dengan nama : APPWI singkatan dari Aliansi Penulis-Pewarta Warga Indonesia. Kalau mau sedikit nakal maka APPWI bisa juga disingkat: Anti-PPWI-nya WIlson Lalengke.

APPWI adalah hasil akomodasi dari berbagai pendapat sebagai rasa keberasamaan dan demokratis. Kata “Aliansi” masukan dari rekan Indra Sastrawat, kata “Penulis-Pewarta’ masukan dari sobat Mattula Ada, sedangkan kata “Warga Indonesia” kesepakatan bersama.

Alasan utama membentuk nama baru karena diprediksi tidak ada tanda-tanda kubu Wilson Lalengke (Ketua Umum DPN PPWI 2007-2012) akan mengadakan Kongres/Munas PPWI pada November 2012 mendatang, misalnya tidak ada pembentukan panitia kongres/munas, dll. Kalau pun diadakan KOngres/Munas, maka bisa dipastikan WL akan tetap jadi Ketua Umum atau memasang orang-orangnya untuk menjadi Ketua Umum sehingga bisa diprediksi PPWI akan tetap dikendalikan oleh WL.

Langkah untuk pembentukannya, diawali dengan menggelar Temu Nasional Pewarta Warga di Jakarta, atau di Makassar atau di Semarang atau dikota lainnya yang disepakati oleh para pewarta warga yang se-ide dengan pembentukan PPWI reformasi. Pada ajang Temu Nasional itulah digelar pemilihan Ketua Umum dan perangkat organisasi lainnya secara nasional.

wb: musliminbputra@yahoo.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: